Monday, May 31, 2010

Under Four Seconds




A True Street Car With A Serious Attitude
Tampang boleh kalem, tapi urusan akselerasi jangan tanya! 0-100 km/h cukup 3,8 detik.

Siapa yang tak kenal Lancer Evolution? Saya pastikan speedgoers-pun pasti setuju jika sedan lansiran Mitsubishi tersebut adalah sebuah mobil legendaris. Sedan empat pintu dengan spek mesin 2.0 liter turbocharger ini banyak digunakan di beberapa jenis motorsport, sebut saja rally, drag race, dan touring. Performa dari mesin standarnya pun dari awal kehadirannya cukup kencang, hal inilah yang mendasari seorang teman saya untuk menjatuhkan pilihan mobil idamannya kepada Lancer Evolution VIII MR.

Walau sudah dilahirkan sebagai sedan kencang, namun performa standarnya --mari kita panggil Mr A-- masih tidak memuaskan hatinya. Berdasarkan pengalamannya selama kuliah di Amerika Serikat (AS), dimana memakai Evo VIII yang juga di modifikasi mesinnya membuat dia juga melakukannya pada Evo-nya di Jakarta. Dan juga ingin membuktikan bahwa sebuah mobil jalan raya seperti miliknya mampu berakselerasi layaknya mobil drag race sekalipun.
Berbekal jam terbang mengoprek mesin 4G63-T di AS, bukanlah hal sulit buat Mr A untuk mengulangi lagi. Dengan bantuan Lester-GR yang melakukan tuning mesin Evo VIII secara totalitas dan banyak 'mixing' berbagai merek spare parts racing ke dalam kompartemen mesinnya, membuahkan hasil yang cukup mencegangkan. Tak sedikit teman-temannya bermain di balap underground Jakarta mengakui jika ini adalah salah satu Evo jalan raya terkencang disini.
Hal ini bukan sebuah bualan semata, saya pun pernah membuktikan keganasan mesinnya. Dari posisi diam ke angka 100 km/h hanya dibutuhkan waktu 3,8 detik. Itu pun saya menjajalnya di lingkup area SCBD, Jaksel.. Catatan waktu ini setara dengan Lamborghini Gallardo maupun Porsche Carrera GT. Dan di sebuah acara komunitas di Sentul pun dia mampu mengasapi sebuah Ferrari 430. Bahkan agar tidak penasaran diujilah diajang drag race Sentul dengan best time 11,5 detik dengan kondisi standar pabrik, tanpa memakai ban slick atau pun konversi bodi sekalipun.

Entah hingga kapan dia tetap bertahan dengan pendiriannya tetap bertahan dengan “real street car with hottest performance sport car”, saya pun tidak berani berjudi dengan waktu!

Artikel ini juga bisa dibaca di Cosmopolitan Men 2010 as i got order from my frends
Thanks: RIMS for Rig, Andi Arsi for Picture.
Spesifikasi
Mitsubishi Lancer Evolution VIII MR 2007

Best Time
0-402m : 11.5 detik
0-100 km/h : 3,8 detik

Engine
Type : 4-silinder, 4G63, 2.0 Stock, Long Block
Turbo/exhaust : Buschur Racing / Forced Performance HTA35R Turbocharger Kit
Intercooler : Nisei Competition Series Intercooler
Tenaga : 500 hp (estimasi)

Engine Management
Boost Controller : HKS EVC 6
Electronics : HKS F-CON V Pro Version 3.3/ Tuning by Lester-GR

Fuel System
Injector : 4-1000cc HKS Fuel Injectors
Regulator : SARD Fuel Pressure Regulator
Pump : Buschur Racing Dual Fuel Pumps System

Transmisi
Gearbox : Stock RS 5 Speed
Clutch : HKS GD Pro Twin

Exterior
Tire : Yokohama Advan Neova 235/45 R17
Velg : Buddy Club P1 Racing
Suspension : HKS Hypermax III Sport Coilover
Brake : Brembo
Bodykit : Stock Evo IX
Rear Spoiler : Stock Carbon Fibre
Outside Mirror: Custom

No comments:

Post a Comment

About