Monday, May 31, 2010

GO HYBRID....!

HONDA CIVIC HYBRID

KAMUFLASE

Tampilan boleh sama, namun jantung mekanis berbeda dengan Civic sejenis.

Go Green terus dikumandangkan oleh para pejuang lingkungan hidup, mereka menuntut para pelaku industri untuk beraktifitas secara “hijau”. Sebelum isu-isu itu didengungkan, sudah tiga dekade Honda melaksanakannya terlebih dahulu dibandingkan para kompetitornya. Berkat riset yang terbukti sukses dan salah satunya adalah Civic Hybrid. Sedan empat pintu ini telah dibuktikan sadar lingkungan dan tetap bergaya untuk digunakan sehari-hari.

Bahkan kehadiran Civic Hybrid ke tanah air pun seakan malu-malu dan tanpa publikasi heboh. Unit yang pada awalnya masuk sebagai mobil uji coba BPPT ini, akhirnya oleh Pihak Honda Prospect Motor (HPM) dipasarkan untuk publik. Dan, tetap secara malu-malu ditawarkannya, seharga Rp 485 juta. Mahal? Tentu tetapi dibalik bodi yang serupa dengan Civic biasa ini terdapat sebuah mesin bensin 1,3 liter (95 hp). Kolaborasi mesin bensin dibaurkan dengan sebuah motor listrik bernama Integrated Motor Assist yang mampu menghasilkan tenaga 20 hp. Jika digabungkan maka Civic Hybrid memiliki tenaga total 120 hp.

Selain itu Civic Hybrid memiliki keunggulan pada pengendalian, ini adalah kewajaran sebab Honda terkenal hebat dalam meracik sistem suspensi mobil-mobil yang dihasilkan. Buktinya, saat melarikannya di jalan tol yang mulus, Anda bak seorang racing driver profesional. Civic Hybrid memiliki kombinasi kemudi berbobot, pedal gas yang responsif, rem yang akurat dan setelan suspensi sport yang keras. Semua itu membuat pengemudi semakin percaya diri.

Rasanya jika Anda seorang yang 'narsis', kami tak menyarankan Anda memilihnya. Bayangkan saat melaju di jalan raya bisa dirasakan tidak menemukan sebuah kebanggaan selain mata Anda tak pernah berkedip memperhatikan indikator bahan bakarnya. Civic Hybrid hanya meminum 1 liter bahan bakar tanpa timbal sejauh 16.94 km di dalam kota. Sedangkan untuk konsumsi bbm luar kota hanya 19,23 km/liter. Irit bukan? Tentu hal ini jauh lebih hemat dari Civic bermesin bensin 2.000 cc.

Medium Saloon ini terbilang sederhana untuk desain interiornya, tak ada bedanya dengan Civic regular. Balutan jok kulit berwarna coklat membuat tampilannya terlihat mewah dan lapang. Pada dashboard terdapat sebuah indikator digital lain yang menunjukkan kondisi baterai dan kapan tenaga baterai digunakan untuk membantu mesin bensin saat mengalami kemacetan lalu lintas.Perbedaan lain adalah penggunaan transmisi otomatis, CVT yang tak dijumpai pada model regularnya. Walau demikian menjatuhkan pilihan terhadapnya suatu langkah jitu untuk mendukung program penghijauan pemerintah.


DATA & FAKTA

Honda Civic Hybrid

Mesin Bensin, 4-silinder inline, 1.399 cc, i-DSI.

Motor Listrik Integrated Motor Assist 158 V

Tenaga 95 hp/6.000 rpm (mesin bensin)

20 hp/2.000 rpm (motor listrik)

Torsi 123 Nm/4.500 rpm (mesin bensin)

103 Nm/0-1.160 rpm (motor listrik)

Transmisi Otomatis CVT



No comments:

Post a Comment

About